Mimpi Pak Junaidi: Dakwah, Tani, dan Jualan

Jul 02, 2024

Kanor, Bojonegoro - Pak Junaidi (43 tahun), seorang warga RT 6 RW 1, adalah seorang guru ngaji sangat aktif. Sederhana tapi menyala. Sahaja tapi mental baja.

Saban sore, Pak Junaidi mengulang (memberikan pelajaran) ngaji Quran di musala dekat rumah. Pesertanya anak-anak kecil. Kurang lebih 30 anak. Durasinya sejam-an. Mulai habis Asar, sekitar 15.30 hingga 16.30.

Malam, sehabis Isya, Pak Junaidi menjadi penceramah kitab kuning secara rutin pada pengajian yang dibentuk oleh takmir masjid setempat.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup harian, Pak Junaidi menjadi petani musiman dengan menggarap sawah orang lain yang tidak begitu luas. Dengan kondisi daerah Pesen yang kurang air, di musim hujan, sawah tersebut hanya mampu sekali panen. Saat musim kemarau tiba, Pak Junaidi menanaminya dengan singkong dan umbi-umbi minim rawat air lainnya.

Karena jumlah keluarga yang banyak (istri dan 3 anak masih sekolah), Pak Junaidi bermimpi dan berharap mempunyai pemasukan alternatif selain dari aktivitas bertani musimannya. Ingin mempunyai usaha lain, semisal jualan walaupun kecil.

Melalui penuturan mantan relawan LMI, asa Pak Junaidi itu sampai terdengar ke Manajer LMI Perwakilan Jawa Timur 3 Bojonegoro Resma Edi Satria. Pak Resma berusaha mewujudkan mimpi Pak Junaidi tersebut.

Ahad (30/6) kemarin, Resma menyalurkan satu paket alat jualan LMI Drink (stand dan pressing cup) kepada Pak Junaidi. "Ke depan, mudah-mudahan program ini bisa berjalan lancar sehingga Pak Junaidi bisa berdakwah dengan lancar juga, ujar harap Resma.

"Alhamdulillah. Terimakasih kepada LMI karena sudah peduli kepada guru ngaji desa seperti saya," sambut Pak Junaidi dengan mata berkaca-kaca.

Semoga paket alat jualan tersebut bermanfaat buat Pak Junaidi dan menambah semangat berdakwah beliau. Amin.

---

Lembaga Manajemen Infaq (LMI) menginisiasi berita/kegiatan/tulisan tersebut di atas sebagai bagian usaha mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Pertama (Menghapus Kemiskinan) & Kedua (Mengakhiri Kelaparan)

---

Lembaga Manajemen Infaq (LMI) menjalankan proyek-proyek kebaikan sebagai jalan ke surga-Nya dan sebagai bekal & tabungan akhirat melalui platform infak.in dan wakafo.org

---

Tulisan ini tersimpan di Program - Lembaga Manajemen Infaq (LMI)