Reformasi (Perubahan) Diri

May 24, 2023

Manusia lebih tertarik untuk mengetahui tentang orang lain daripada mengenal dirinya sendiri karena manusia merasa lebih tahu tentang dirinya daripada orang lain.

Mengenal diri sendiri itu bukan semata-mata mengetahui apa keinginan dan kecenderungannnya melainkan memahami apa statusnya di depan Tuhannya. Semakin banyak pengetahuan seseorang tentang hakekat dirinya maka semakin mengenal akan Tuhannya. Ketika seseorang sudah mulai mengenal Tuhannya, dia akan mengetahui tugas dan kewajibannya.

Mengenal diri sendiri itu penting dan melakukannya bukanlah perkara mudah. Hal demikian itu karena kebanyakan orang tidak mau meneliti diri sendiri untuk melihat kekurangan yang ada pada dirinya.

Meneliti diri sendiri itu seharusnya dilakukan setiap hari. Dengan mengetahui tentang dirinya sendiri, akan tumbuh kesadaran bahwa masih banyak pada dirinya yang harus diperbaiki, direformasi, diubah, dan ditingkatkan.

Setiap orang harus berubah. Berubah untuk menjadi lebih baik. Perubahan memang sunatullah akan tetapi Allah tidak akan mengubah tanpa ada andil atau peran manusia di dalamya.

Allah berfirman, "Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan sesuatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri." (QS. Ar Ra’: 11)

Jadi, kita harus mengubah diri kita terlebih dahulu, lalu Allah yang menyempurnakan perubahan tersebut. Tanpa ada perubahahan dan usaha dari kita, Allah tidak akan mengubahnya.

Seharusnya perubahan yang dilakukan diawali dengan hal yang paling krusial yaitu ibadah. Ibadah itu menyangkut hubungan kita dengan Allah. Jika kita merubah hubungan kita dengan Allah menjadi lebih baik, Allah akan membimbing kita untuk merubah segala aspek kehidupan kita semakin baik.

Dalam setiap proses untuk melakukan perubahan, kita harus senantiasa memohon bimbingan Allah karena meskipun kita ingin menuju ke arah yang lebih baik, belum tentu kita sudah berada di jalan yang benar.

Semoga Allah selalu membimbing langkah kita. Amin.

Oleh Ustadz Nasiruddin Al Bajuri, S.Th. I, M. Ag., Dewan Pengawas Syariah Laznas LMI

Sumber gambar: Freepik

---

Lembaga Manajemen Infaq (LMI) menjalankan proyek-proyek kebaikan sebagai jalan ke surga-Nya dan sebagai bekal & tabungan akhirat melalui platform infak.in dan wakafo.org

---

Tulisan ini tersimpan di Edukasi - Lembaga Manajemen Infaq (LMI)